Jumat, 20 Juli 2012

makalah


ANALISI PENGARUH MUSIM HUJAN TERHADAP PEMINTAAN DAN PENAWARAN JAS HUJAN

MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi
Salah satu tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro


H. Nia Gania Karyana, Drs., M.SI







Ditulis oleh:
Yusep Rahman Gandara

KEUANGAN DAN PERBAKAN D3
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI YASA ANGGANA GARUT
PRODI 2010/2011

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat tuahan yang maha esa. Karena kehendak nyalah kami masih dapat berkreasi unuk menghasilkan berupa makalah pelajaran ekonomi dengan judul pengaruh musim hujan terhadap penawaran jas huajan.
Sebagai mana makalah ini dapat bermanfaat bagi kalian semua hususnya saya sebagai penulis, saya mengucapkan terima kasih atas segala masukan dan saran untuk peraikan makalah ini selanjutnya, dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata dari pencetakan makalah ini mohon di malumi karna masih dalam masa pemelajaran.





DAFTAR ISI
Kata Pengantar …………………………………………………………………1
Daftar Isi ………………………………………………………………………2
BAB 1 : PENDAHULUAN
1.  Latar Belakang ………………………………………………………………3
2. Maksud dan Tujuan ………………………………………………………….3 BAB 2 : LANDASAN TEORI………………………………………………….4
             2.1 Definisi Permintaan dan penawaran……………………………...….4
2.2  Hukum Pemintaan dan Penawaran ………………………………….5
2.3  Pengaruh musim hujan terhadap permintaan jas hujan ………….......6
BAB 3 : PENUTUP
1. Kesimpulan …………………………………………………………………….8
2. Saran ……………………………………………………………………………8
Referensi …………………………………………………………………….........9

PENGARUH MUSIM HUJAN
TERHADAP PEMINTAAN DAN PENAWARAN JAS HUJAN

1.   Latar Belakang
  Penawaran dan permintaan jas hujan  sudah menjadi tradisi setiap tahun nya khusus nya bagi pengendara sepeda roda dua.
Permintaan jas hujan merupakan sebagian dari hal yang sangat penting bagi kita semua karna pada musim hujan orang-oarang lebih dominan memilih jas hujan di banding payung, karna jas hujan lebih peraktis untuk di gunakan.
Berdasakan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk menulis makalah dengan judul ”Pengaruh Musim hujan Terhadap Permintaan Dan Penawaran jas hujan”

2.   Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan makalah ini yaitu memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Adapun tujuan dari makalah ini adalah sebagi:
1.      Untuk mengetahui tingkat konsumen terhadap permintaan  jas hujan pada saat musim hujan
2.      Untuk mengetahui kelebihan jas hujan di banding payung.

3.   LANDASAN TEORI
2.1 Definisi Permintaan dan penawaran
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.
Penawaran(Supply)
Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi meraka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang konpetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di minta oleh konsumen dan kualitas yang di tawarakan produsen. Hingga akan terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut.
Model ini mengakomodasi kemunkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa permintaan merupakan sejumlah barang yang di beli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
2.2  Hukum Pemintaan dan Penawaran     
Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
“Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
            Jika semua subsidi diabaikan ( ceteris paribus ) jika harga semakin murah maka permintaan atau pembelian akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin murah maka penawaran semakin sedikit dan sebaliknya.
            Akibat dari itu semua ingin mencari kepuasan ( keuntungan ) yang sebesar besarnya. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli akan membeli sedikit karna uang yang dimilki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau di produksi agar keuntungan yang di dapat semakin besar. Harga barang yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.
2.3 Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan
"Ketika kita berbicara tentang permintaan," tulis Robert Heilbroner dan Lester Thurow Ekonomi Dijelaskan, "kebanyakan orang berpikir kata itu hanya berarti volume tertentu pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item bahwa pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. "
1.      Perilaku konsumen atau selera konsumen.
2.      Pendapatan atau penghasilan konsumen.
3.      Perkiraan harga barang.
4.      Banyaknya permintaan konsumen

2.4 Faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran
1.      Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
2.      Tujuan perusahan.
3.      Tujuan pemasaran.
4.      Ketersedian bahan baku.
5.      Prediksi atau perkiraan harga barang di pasaran


2.5  Pengaruh musim hujan terhadap terhadap permintaan jas hujan
             Perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan di negara kita ini, membuat suatu perubahan terhadap daya beli kebutuhan jas hujan. Pada saat musim hujan biasanya orang-orang yang memiliki kendaraan roda dua atau motor, akan mencari barang yang dapat melindungi mereka dari hujan. Barang yang tepat bagi para pengguna kendaraan roda dua atau motor itu adalah jas hujan. Jas hujan sangat efektif bagi para pengguna dikarenakan mudah dibawa dan dipakai.
             Pada saat musim penghujan permintaan dan penawaran terhadap jas hujan meningkat dikarenakan akan kebutuhan para pemakai mengunakan jas hujan. Di saat ini para produsen mulai meningkatkan omset produksi mereka dikarenakan permintaan yang meningkat dikalanagan konsumen sehingga hal ini pula bisa menyebabkan harga jas hujan pada saat itu meningkat. Harga naik dikarenakan kelangkaan atau aktivitas masyarakat yang membeli jas hujan scara serentak, sehingga membuat produsen kewalahan dalam menangani permintaan.
            

             Sebagai contoh dibawah ini terdapat data hasil penjualan toko X atas jas hujan pada musim hujan :
HARI KE-
BARANG YANG TERJUAL
KETERANGAN
1
10 BH
Sebelum musim hujan
2
15 BH
Pada  musim hujan
3
18 BH
Pada  musim hujan
4
25 BH
Pada  musim hujan
5
34 BH
Pada  musim hujan
Dari data tersebut kita bisa membuat kurva sebagai berikut :
             Sesuai dengan kurva diatas maka permintaan akan barang berupa jas hujan terus meningkat pada saat musim hujan datang dari hari ke hari. Dan keadaan ini sedikitnya menguntugkan bagi pihak podusen karena lakunya barang yang mereka produksi. 
Kemudian pula tingkat permintaan dan penawaran suatu barang pun di pengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :
1.         Selera Konsumen.
2.         Tingkat pendapatan konsumen pada saat itu.
3.         Kualitas produk.
4.         Keadaan darurat yang mengharuskan orang mengguakan jas hujan.















BAB 3
PENUTUP

1.        Kesimpulan
          Dari pembahasan di atas, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut :
1.  Tingkat permintaan dan penawaran penawaran terhadap jas hujan lebih meningkat pada saat terjadi musim hujan dikarenakan adanya selera para konsumen dan kebutuhan mereka terhadap barang tersebut.
2.   Tingkat penawaran yang tinggi dapat membuat para produsen meningkatkan tingkat produksinya dan pula meningktakan harga barang pada saat musim hujan terjadi.
2.     Saran
Menurut saya para produsen diharapkan lebih meningkatkan produksi jas hujan pada saat musim hujan datang dikarenakan tingkat permintaan pada saat itu tinggi sehingga memungkinkan para produsen untuk meraut laba setinggi-ingginya pada saat itu.







Referensi
             http://www.cybertokoh.com/index.php?option=com_content&task=view&id=339&Itemid=61
            
             



































                                                                                                     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar