BAB III
KERANGKA KONSEP DEFINISI
OPRASIONAL
DAN HIPOTESIS
3.1 Kerangka Konsep
Kerangka konsep penelitian pada
dasarnya adalah kerangka hubungan antara konsep-konsep yang ingin diamati atau
diukur melalui penelitian yang dilakukan. Karena ketrbatasan kemampuan dan
waktu penelitian maka tidak semua variable dikemukakan dalam penelian ini. Peneliti
hanya meneliti beberapa variabel yaitu:
a. Variable
indefenden
b. Variable
defenden
Kerangka konsep
Pengaruh penyuluhan
terhadapa pengetahuan siswa siswi
|
|
||||||||
3.2 Definisi Oprasional
Tabel 3.2
Definisi Operasional
Definisi Operasional
No
|
Variabel
|
Definisi Operasional
|
Alat Ukur
|
Cara
Ukur
|
Hasil Ukur
|
Skala Ukur
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
|
Variabel Dependen
|
|||||||
1
|
Penyuluhan
Tentang sadari.
|
Suatu pemberian
informasi atau materi tentang sadari kepada responden
|
Kuesioner
Pertanyaan
|
Wawancara
|
0 = Baik
1 = Tidak
Baik
|
Ordinal
|
|
Variabel Independen
|
||||||
2
|
Pengetahuan
|
Total skor
pemahaman
tentang deteksi
dini kanker payudara dengan teknik sadari
|
Kuesioner
Pertanyaan
|
Wawancara
|
0 =Tinggi
1 = Rendah
|
Ordinal
|
4
|
Sikap
|
Total skor sikap
siswi
tentang pelaksanaan
sadari
|
Kuesioner
Pertanyaan
|
Wawancara
|
0 = Setuju
1 = Tidak
Setuju
|
Ordinal
|
3.3. Hipotesis (Ha)
Diduga ada perubahan pengetahuan
dan sikap siswi setelah diberikan penyuluhan tentang deteksi dini kanker
payudara dengan sadari di SMAN 14 Garut Tahun 2012.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar