Senin, 02 Juli 2012

BAB IV


BAB IV
METODOLOGI PENELITIAN

4.1  Rancangan Penelitian
Desain penelitian mengunakan desain intervensi, yaitu membandingkan hasil penelitaian sebelum dan sesudahnya dilakukan penyuluhan.

4.2  Variabel Penelitian
Adapun variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah variabel pengetahuan  dan sikap sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan.

4.3   Tempat dan Waktu Penelitian
Waktu penelitian ini akan dilakukan pada bulan Juli 2012, dan tempat yang akan dilaksanakannya penelitian yaitu di SMAN 14 Garut.

4.4  Populasi dan Sampel Penelitian
4.4.1        Populasi
Populasi adalah keseluruhan dari karakteristik atau unit hasil pengukuran yang menjadi objek penelitian. (Notoatmojo 2005) Populasi dalam penelitian ini siswi kelas XII dengan jumlah 143 siswi.

4.4.2      Sampel
Sampel menurut Sugiono (1998 : 57) adalah: “sebagian dari jumlah karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut”. Tehnik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah total sampling atau seluruh populasi dijadikan sampel, karena dari kriteri yang digunakan sebagai dasar untuk menstratifikasikan populasi.

4.5  Metode Pengumpulan Data
Data-data yang diambil adalah data primer, adapun pengumpulan data primer, penulis menggunakan kuesioner. Data Primer Dalam penelitian ini mengumpulkan data dilakukan wawancara kepada responden dan alat pengumpulan data yang dipakai adalah kuesioner. Meliputi  pertanyaan tertutup dengan jawaban pilihan.

4.6  Pengolahan Data
Menurut Hastono (2007) dalam Surahman, data yang dikumpulkan akan diolah menggunakan program komputer setelah melalui beberapa tahapan yaitu:
4.4.1  Editing Data
Proses ini dilakukan untuk membersihkan data yang terkumpul dari pengisisn kuesioner, seperti salah tulis, ketidak serasian atau lupa pengisian jawaban.

4.4.2  Coding Data
Langkah ini bertujuan untuk menterjemahkan data terkumpul menggunakan huruf atau angka yang bersifat lebih ringkas.

4.4.3  Entry Data
Proses ini merupakan data yang telah dikumpulkan dari format kedalam komputer. Sebelum entry data terlebih dahulu dilakukan pembuatan template berisi variabel penelitian yang telah dibutuhkan.

4.4.4  Cleaning Data
Setelah seluruh data selesai dientry dilakukan cleaning untuk membersihkan kesalahan pengisian data. 

4.7  Analisi Data
4.5.1   Analisis Univariat
Untuk melihat distribusi frekuensi masing-masimg variable independen meliputi, pengetahuan, dan sikap siswi tentang deteksi dini kanker payudara dengan teknik sadari di SMAN 14 Garut tahun 2012.

4.5.2    Analisa Bivariat
Uji bivariat tidak menjelaskan hubungan sebab akibat, tetapi untuk mengetahui hubungan diantara variable independen dan variable dependen dengan melakukan uji statistik yang digunakan adalah uji T dengan Confindent Interval 95% pada alfha = 0.05. Kesimpulan tingkat kemaknaan dapat dilakukan apabila hasil sebagai berikut :
a.       P-Value ≤ 0.05 menunjukan hasil bermakna
b.      P-Value > 0.05 menunjukan hasil tidak bermakna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar